Arsip Bulanan: Oktober 2014

Undangan Latihan Gabungan

Halo! Ada informasi baru nih untuk kegiatan Paskibra. Bagi ibu/bapak guru dan Pembina Paskibra boleh mengikutsertakan siswa/siswi yang mengikuti ekskul paskibra dalam rangka pelaksanaan Pembukaan Latihan Gabungan Siswatama Angkatan XXXIII tahun 2014, yang diadakan oleh Purna Paskibraka Indonesia Kota Administrasi Jakarta Timur. Informasi lebih nya dapat di lihat di undangan berikut ya :

18859

Perlengkapan yang harus di bawa para peserta adalah:

18860

Kalau masih ada beberapa hal yang kurang jelas dalam undangan ini, maka bisa hubungi contact nya langusng atau cek website nya:

lp/Fax: 021-8591

Website: www.purnapaskibraka-jaktim.or.id

Rundown Acara TO

TO Hari Pertama

 

Dihari pertama, seluruh panitia, phb, dan peserta TO datang sekitar jam 5.00 pagi, setelah itu langsung cek perlengkapan perkelompok yang akan dibawa. Pagi-pagi sekali kami sudah berkumpul di sekolah, untuk mengadakan apel pemberangkatan peserta Trip Observasi di lapangan A SMA Diponegoro 1 Jakarta. Apel pelaksanaan yang berlangsung khidmat ini dihadiri oleh Pak Arief Rachman, Pak Imam Parikesit, Ibu Indri, jajaran guru dan para orangtua murid. Setelah apel pemberangkatan kami berangat berbondong-bondong menggunakan tronton pada pukul 08.00. Sekitar pukul 11.00 kami telah sampai di dusun Tajur dan mengadakan apel kedatangan. Karena kita berangkat di hari Jumat, jadi kita shalat zuhur dan shalat jumat berjamaah dibawah. Setelah selesai shalat jumat, kita lanjut naik keatas. Setelah sampai diatas, kita melaksanakan apel di lapangan. Setelah apel, masing-masing kelompok ditemukan dengan para orangtua asuh selama di, yang mana rumahnya akan kami tumpangi selama 3 hari. Setelah itu kami melakukan anjangsana kedatangan dengan ibu asuh, melihat lingkungan sekitar, dan istirahat sejenak. Setelah itu kami makan siang bersama di rumah masing-masing. Lalu para peserta melakukan penelitian sesuai dengan tema yang telah diberikan kepada tiap kelompok. Selesai penelitian, Pada pukul 16.00 seluruh peserta pulang ke rumah singgah masing-masing untuk pembersihan dan istirahat sejenak. Lalu pada pukul 17.30 kita langsung menuju ke masjid untuk shalat maghrib dan shalat isya bersama. Setelah shalat berjamaah, kita langsung menuju ke lapangan untuk melaksanakan acara api unggun. Di acara api unggun ini akan ditampilkan regu-regu terbaik yang sudah diseleksi sebelumya. Pada pukul 22.00 kami pulang ke rumah masing-masing untuk beristirahat.

TO Hari Kedua

Hari kedua,  peserta TO akan melaksanakan makan pagi pada jam 5.30 (habis subuhan) , terus pada waktu jam 6 pagi penjelajahan akan segera dimulai. Sewaktu rapat, kami anggota OSIS dan guru guru sedang membicarakan rute yang pas untuk teman teman. Jadi ada rute Air Terjun dimana kita harus melewati lingkungan warga, persawahan, kali, lereng hutan dan pada akhirnyaa akan sampai juga di air terjun. Tapi kendala rute air terjun ini adalah, jalur evakuasinya jauh, dan perjalanan ke sana itu penuh dengan bebatuan dan semak belukar (oh iya, air terjun nya juga airnya sedikit… terus kedalamannya cuma semata kaki) .

Sementara ada satu jalur lagi yaitu jalur Panorama, menurut saya, jalur ini jalur paling strategis, karena dari jalur panorama ini kita bisa melihat desa dari kaki bukit, kita juga bakalan jalan masuk ke hutan Pinus, ke pesawahan, ke Hutan, lalu lanjut terus ke Kali/sungai kecil, Ladang sawi, kol, dll, lalu lanjut ke terasering, kolam mata air, peternakan kambing dan sapi, sambil mengamati  warga desa menjalani hidup. hehe, belum pernah kan?

Lalu sepulang dari penjelajahan, peserta TO bisa istirahat sekalian bersih-bersih, bagi yang mau susun display penelitian juga bisa kok 😀 . Setelah istirahat teman teman langsung sholat maghrib dan isha, baru deh nanti bakalan ada acara Mini OVJ dari OSIS kami, dan juga penampilan dari guru guru 🙂

Seperti pada hari pertama, kegiatan akan berakhir pada jam 9.30 malam, lalu teman teman dan guru semuanya bisa beristirahat untuk persiapan menjalankan kegiatan terakhir pada hari esok 🙂

Hari Ketiga

Pada hari terakhir ini, seluruh peserta akan bangun pada jam 3 pagi untuk melaksanakan sholat tahajud bersama. Lalu pada jam 7 pagi, akan ada apel pagi yang setelah itu akan dilajuntkan dengan melakukan kegiatan bersama masing masing orang tua asuh. Jadi kalau misalnya orang tua asuh kelompok A berkerja di kebun, maka kelompok tersebut harus ikut pergi ke kebun.

Setelah selsai melakukan pekerjaan, akan ada acara Gubyek Empang, di lanjutkan dengan presentasi hasil penelitian yang sudah kalian lakukan selama 3 hari ini, nanti bakalan di undi nih, kelompok mana yang akan presentasi di aula, atau presentasi di lapangan.

Kalau presentasinya sudah selsai, semua peserta TO boleh pulang ke rumah masing masing, lalu packing dan makan siang. Pada sekitar jam 1 atau 2 akan ada Apel penutupan, dimana setelah itu Peserta TO akan langsung menempuh perjalanan pulang lagi ke sekolah dengan menaiki Tronton.